Tips untuk Menjadikan Blog Anda Semakin Banyak yang Berkomentar

Tips Untuk Menjadikan Blog Anda Semakin Banyak yang Berkomentar » Tips untuk Menjadikan Blog Anda Semakin Banyak yang BerkomentarMemiliki blog tidak hanya bersifat mengantarkan informasi kepada para pembacanya saja, namun juga dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kolom komentar, sehingga akan timbul interaksi informasi antara pemilik blog dengan pembaca blog-nya.

Semakin banyak jumlah komentar yang ada di blog maka akan semakin menambah nilai kesuksesan suatu blog. Namun faktanya hanya sedikit orang yang berminat untuk meninggalkan komentar di suatu blog yang dikunjunginya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadikan blog anda semakin banyak yang berkomentar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Memberikan dorongan kepada pembaca untuk berkomentar atas artikel yang anda tulis

Pada prinsipnya adalah mintalah kepada para pembaca maka anda akan mendapatkannya. Seperti dengan berdialog kepada mereka, sebagai contohnya: “Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini”.

2) Berikan keleluasan kepada para pembaca blog untuk berkomentar

Banyak cara yang dapat ditempuh, jika anda membudayakan berkomentar di blog anda. Sebagai contoh bahwa setiap pembaca dapat meninggalkan komentar dengan mudah tanpa harus memasukkan kode huruf,  captcha atau password apapun di blog anda.

3) Memberikan balasan kepada para komentator

Dengan memberikan balasan komentar sejatinya anda telah menghargai para pembaca dari blog anda. Nantinya akan semakin banyak yang berkomentar atas blog anda.

4) Menulislah dengan cara yang santun

Walaupun sebenarnya hal ini tidak berkaitan, namun nampaknya jika anda menulis artikel dengan kata-kata yang santun maka akan membuat pembaca blog Anda merasa dihargai dan sebagai imbalannya akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda.

5) Berkomentar di Blog Lain /Blogwalking

Apabila masih sepi yang memberikan komentar di blog anda maka sebaiknya mulailah dengan meninggalkan jejak di setiap blog yang anda kunjungi dengan berkomentar. Maka dengan hal tersebut akan timbul imbal balik dari pemilik blog. Caranya jika komentar di blog Anda masih sedikit, cobalah memberikan komentar pada blog-blog yang setopik dengan blog yang anda miliki.

Sudahkan anda melakukannya di blog anda? Semoga beberapa tips diatas dapat menjadikan blog anda semakin banyak yang meninggalkan komentar ya, selamat mencoba!