Baca ini Sebelum Menjalankan Bisnis Warung Kopi

Bisnis warung kopi memang menggiurkan, modalnya juga tidak terlalu besar. Walaupun begitu sama dengan berbagai jenis bisnis yang lain. Bahkan untuk menjalankan warung kopi, Anda membutuhkan beberapa trik bisnis yang jitu!

Warung kopi memang merupakan bisnis yang semakin populer sekarang ini. Anda bisa melihatnya dari peningkatan jumlah warung kopi di berbagai daerah. Ada yang buka warung sederhana hingga sekelas kafe besar, di mana untuk yang sudah sekelas kafe, sudah tidak menggunakan kopi sachetan lagi, melainkan kopi mahal dan dibuat oleh barista. Tetapi tentunya jika modal Anda sedikit, lebih baik mulai dari yang kecil dulu. Jangan terburu-buru, yang penting jalan dulu.

Modal

Selain modal, Anda juga harus mempunyai niatan untuk menjalankan bisnis ini. Memang membuka warung kopi tidak terlalu sulit, apalagi sekarang ini ada banyak alternatif pilihan kopi sachet. Sekarang mari mempelajari basicnya dulu, yuk?

tips bisnis warung kopi » Baca ini Sebelum Menjalankan Bisnis Warung Kopi

Basic yang harus Anda perhatikan

  1. Target konsumen

Anda harus menentukan siapa target konsumennya. Dan dalam menentukan target konsumen tak boleh Anda lakukan asal-asalan. Karena nantinya mereka yang akan mendatangkan pundi-pundi uang untuk keberlangsungan bisnis Anda. Nah, sekarang kira-kira target pasar yang manakah yang hendak Anda bidik? Berbeda target pasar akan berbeda pula strategi yang harus Anda terapkan. Untuk Anda mahasiswa yang senang minum kopi, tentu ingin yang harganya terjangkau, karena mungkin masih harus membayar kos, bayar makan sehari-hari, dan lain-lain. Jadi jika target Anda adalah para mahasiswa, Anda harus fokus ke harga kopi yang murah, bisa juga ditambah snack ringan, termasuk gorengan. Contoh target konsumen yang lainnya adalah ibu-ibu, pekerja muda, dan lain-lain. Kalau anak-anak sih jarang ya minum kopi.

  1. Konsep kedai kopi

Anda juga harus mempunyai konsep kedai kopi sebelum launching. Konsep ini harus Anda pertimbangkan matang-matang. Sebab nantinya konsep tersebutlah yang akan dijadikan identitas warung Anda. Usahakan memilih konsep yang unik, dan jangan meniru konsep yang digunakan oleh orang lain, karena nanti terlihat kurang kreatif dan orang-orang kurang menghargai. Jika Anda melewatkan langkah ke – 2 ini, maka Anda akan tergilas oleh persaingan warung kopi yang sekarang semakin ketat. Ingatlah bahwa bukan hanya Anda saja yang berniat membuka warung kopi. Orang lain bahkan yang mempunyai modal besar juga punya niatan yang sama.

Contoh konsep unik warkop yang sudah buka:

Warung kopi Semesta adalah warung kopi yang berlokasi di Yogyakarta. Jika Anda punya waktu, berkunjunglah ke warung kopi ini untuk survey. Jangan lupa bawa kamera untuk foto-foto. Jadi Anda bisa melihat garis besar bagaimana konsep sebuah warung kopi yang bagus. Mengapa kami katakan bagus? Karena warung kopi Semesta ini mempunyai pelanggan yang banyak, itu berarti konsep yang digunakannya bagus. Di sini ada meja outdoornya, dan juga suasananya berkonsep pedesaan. Ditambah dengan kopi yang nikmat dan menu makanan yang lezat dengan harga terjangkau, warung kopi Semesta mempunyai konsep yang dapat membuatnya bertahan dari gulung tikar.

Anda jangan menyerah dulu setelah melihat konsep bagus yang digunakan warung kopi lain, tetapi carilah konsep yang fresh!

Supplier dan lokasi

Jangan lupa mencari supplier yang terpercaya dan bisa mengirim tepat waktu. Supaya stok kopi Anda selalu tersedia. Untuk lokasi carilah lokasi yang strategis dan sesuaikan dengan target konsumen Anda, seperti disebutkan sebelumnya.

Sekian artikel tentang tips-tips menjalankan bisnis warung kopi agar cepat sukses, semoga bermanfaat.

Comments are closed.