Ini Strategi Marketing Ampuh Perusahaan Besar yang Bisa Kamu Pelajari

Tak kenal maka tak sayang, itulah salah satu peribahasa romantis yang paling sering kita dengar. Tapi jangan salah, peribahasa tersebut ternyata bukan hanya untuk pasangan kekasih tapi juga berlaku untuk produk yang kamu jual loh.

Kok bisa gitu ? apa hubungannya ??

Ya iyalah, kalau produk yang kamu jual tidak dikenal maka jangan harap produk kamu akan dibeli apalagi sampai disayang atau diperebutkan konsumen. Banyak perusahaan besar yang menggunakan strategi marketing jitu untuk merebut perhatian pasarnya. Mau tahu apa saja strateginya ??

Berikut ini ulasan mengenai strategi marketing ampuh yang dipakai perusahan besar, silakan disimak ya :

Kesadaran Produk (Brand Awareness)

Strategi pertama yaitu memberikan edukasi mengenai keberadaan dan fungsi dari produk yang kamu jual kepada orang-orang atau pasar atau yang disebut brand awareness. Syarat utamanya, produk milikmu harus memiliki nilai lebih dibandingkan produk lainnya yang sejenis.

Misalkan, kamu punya produk sepatu kulit, lalu kamu buat nilai lebih dengan bahan dari karet dan satu-satunya sepatu kulit yang tidak memakai tali tapi menggunakan resleting.

Dengan nilai lebih maka produkmu akan lebih mudah dikenal orang. Buatlah iklan yang menarik dan kreatif agar masyarakat tahu keberadaan produk yang kamu jual. Kamu bisa memasang di billboard, spanduk di jalan, dan juga memasang iklan stiker mobil.

Membidik Target Pasar

Ini nih yang paling penting, jangan sampai kamu punya produk untuk dijual tapi tidak tahu target pasar yang kamu bidik. Buat secara spesifik target pasarmu mulai dari usia, gender, minat, hingga profesi dari pasar yang kamu targetkan.

mencontoh strategi marketing jitu dari perusahaan besar 1024x706 » Ini Strategi Marketing Ampuh Perusahaan Besar yang Bisa Kamu Pelajari

Contoh sederhananya kamu menjual produk baju bola, berarti segmen pasar yang cocok yaitu untuk laki-laki yang berusia 20-35 tahun, karena rata-rata pada rentang usia ini sudah memiliki penghasilan dan masih sangat produktif.

Headline Bombastis

Dalam membuat iklan tentunya harus disertai headline untuk memberi keterangan mengenai produk. Nah, buatlah headline yang bagus dan menarik sehingga siapapun yang melihat iklanmu pasti langsung terpikat.

Contoh, kamu menjual obat penumbuh rambut, buat headhline “Pakailah obat ini, mengatasi kebotakan dan rambut rontok dalam 2 hari”. Contoh lainnya datang dari teh botol sosro “Apapun makanannya, minumnya tetap teh botol sosro”

Manfaatkan Seluruh Media Online

Jika kamu tidak memiliki biaya yang besar untuk memasang iklan di televisi , radio ataupun billboard maka kamu bisa memanfaatkan seluruh media online untuk melakukan promosi secara gratis dan berbayar.

Sekarang ini sudah mulai banyak produk perusahaan besar yang memindahkan iklannya ke media online karena memang jumlah pengguna internet saat ini sudah sangat fantastis.

Metode promosi online yang gratis yaitu membuat blog, promosi di forum jual beli, memanfaatkan situs marketplace dan juga menggunakan social media. Sedangkan promosi online yang berbayar yaitu menggunakan iklan seperti google adwords, facebook ads, instagram ads, dan lainnya.

Promosikan Kelebihan Produk

Ketika berpromosi sebutkan kelebihan produk yang kamu jual dibandingkan produk lainnya. Buatlah suatu kelebihan dimana orang akan menyesal jika tidak membeli produkmu.

Shopee menjadi aplikasi marketplace terbaik di Indonesia bahkan mampu menyusul pendahulunya bukalapak dan tokopedia karena berbagai kelebihan yang ditawarkan yaitu mudah diakses di smartphone, harga yang relatif lebih murah, transaksi yang mudah dan aman dan yang paling menarik adalah gratis ongkos kirim.

Gunakan Influencer

Strategi marketing yang paling banyak digunakan perusahaan besar adalah memanfaatkan influencer atau orang-orang berpengaruh untuk mengiklankan produk mereka. Kriteria influencer bukan hanya artis layar kaca tapi bisa juga para pengguna sosial media yang memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak atau youtuber yang sudah memiliki viewer bejibun.

Cara ini memang terbilang sangat efektif dan paling cepat untuk mempromosikan produk yang kamu jual tapi memang harus diakui biaya yang dikeluarkan tidaklah sediki, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp700.000 untuk influencer yang masih standar hingga ratusan juta rupiah.

Coba deh kamu terapkan strategi marketing ampuh yang dipakai perusahaan besar untuk produkmu, dijamin produk yang kamu jual akan laris manis. Tapi ingat, strategi yang kamu buat harus selalu dipantau atau tracking untuk memastikan apakah strategi marketing tersebut memberikan pengaruh besar untuk produkmu atau tidak.

Comments are closed.