Cara Mudah Budidaya Brokoli di Dalam Pot

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang bentuknya sangatlah khas yakni menyerupai rambut yang gimbal, brokoli sendiri merupakan jenis sayuran yang harganya tergolong mahal di pasaran. Selain itu brokoli ternyata juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, pasalnya jenis sayuran yang satu ini memang memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayur brokoli dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan sebagainya.

Perlu Anda ketahui bahwa brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang disukai oleh banyak orang sehingga membuat permintaan terhadap jenis sayuran yang satu ini selalu tinggi di pasaran. Bahkan terkadang jumlah brokoli yang tersedia belum mampu memenuhi permintaan pasar sehingga hal ini tentu saja bisa menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan besar dengan melakukan usaha budidaya tanaman brokoli. Jika Anda merasa tertarik, maka pada kesempatan ini akan kami ulas cara budidaya brokoli di dalam pot.

tips budidaya brokoli dengan media pot » Cara Mudah Budidaya Brokoli di Dalam Pot

Langkah Mudah Budidaya Brokoli di Dalam Pot

  1. Menyiapkan Media Tanam

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam usaha budidaya brokoli adalah menyiapkan media tanam, Anda bisa menyiapkan pot yang ukurannya cukup besar. Anda bisa mengisi pot tersebut dengan tanah, alangkah baiknya apabila tanah tersebut dicampur menggunakan pupuk kandang ataupun kompos sehingga tanah tersebut menjadi siap untuk ditanami brokoli.

  1. Pembenihan

Langkah kedua yang juga harus Anda lakukan dalam budidaya seledri adalah pembenihan, benih brokoli harus disterilisasi terlebih dahulu dengan direndam air panas selama sekitar 15 menit. Setelah itu Anda bisa menyemai benih brokoli di dalam polybag menggunakan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin.

  1. Penyulaman

Hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam usaha budidaya brokoli adalah penyulaman, hal ini sangatlah penting untuk Anda lakukan karena proses penyulaman ini bertujuan untuk mengganti tanaman brokoli yang tidak sehat dan juga tanaman yang telah mati. Perlu Anda ketahui bahwa hendaknya proses penyulaman Anda lakukan sebelum tanaman brokoli berumur 2 minggu.

  1. Proses Pemeliharaan

Proses pemeliharaan merupakan proses yang sangat penting dalam usaha budidaya tanaman brokoli, Anda harus melakukan beberapa kegiatan dalam proses ini antara lain membuang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, melakukan pemupukan ulang, dan juga pengairan. Selain itu Anda juga harus melakukan pengendalian hama dan penyakit agar tanaman brokoli Anda tetap sehat.

  1. Pemanenan Brokoli

Hal terakhir yang harus Anda lakukan dalam usaha budidaya brokoli adalah proses pemanenan, perlu Anda ketahui bahwa tanaman brokoli telah siap memasuki masa panen ketika usianya telah mencapai 50 hingga 100 hari setelah masa tanam, pasalnya pada saat inilah brokoli telah mencapai ukuran maksimal. Proses pemanenan brokoli pada umumnya berdasarkan diameter kepala bunga.

Apabila Anda telah siap untuk menggeluti usaha budidaya brokoli dengan media tanam pot, maka tidak ada salahnya jika Anda mempraktekkan beberapa cara di atas.

Comments are closed.