Ini Alasan Menjual Barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dalam Jangka Waktu Panjang Justru Merugikan

Beberapa tahun ini, tampak semakin banyak orang yang tertarik untuk menjual barang secara online. kebanyakan orang memang lebih memilih menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee memang adalah platform yang paling mudah digunakan untuk menjual barang secara online. Pasalnya, mayoritas orang yang yang berkunjung ke 3 marketplace tersebut memang sudah siap untuk membeli produk tertentu.

Selain itu, ada jaminan keamanan transaksi secara online di 3 marketplace tersebut. Karena adanya jaminan keamanan, jelas baik konsumen maupun penjual tidak perlu lagi merasa was-was setiap kali akan melakukan transaksi secara online.

Namun dari sekian banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan, ternyata menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dalam jangka waktu yang terlalu lama itu justru akan merugikan anda sendiri.

Anda memang boleh menjual produk secara online di 3 marketplace tersebut, namun anda tetap disarankan untuk mulai menjual produk di website toko online anda sendiri.

fakta jualan di marketplace terlalu lama justru merugikan 1024x673 » Ini Alasan Menjual Barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dalam Jangka Waktu Panjang Justru Merugikan

Sebenarnya kenapa menjual barang secara online di marketplace dalam jangka waktu lama itu justru sangat merugikan? Jika anda mau tau kenapa jualan online di marketplace dalam jangka waktu lama itu merugikan, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

3 Alasan Kuat Kenapa Menjual Barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak Itu Sangat Merugikan Dalam Jangka Waktu Panjang

Seperti yang sudah disebutkan, anda memang justru yang akan mengalami kerugian jika terus menerus menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Sekilas memang anda tidak akan merasakan kerugian apapun ketika menjual barang secara online di marketplace. Namun sebenarnya, semakin lama anda akan mengalami beberapa kerugian karena beberapa alasan berikut ini:

  • Tingkat persaingan di marketplace cepat atau lambat akan terus meningkat

Marketplace memang diakui sebagai platform jual beli online yang sedang naik daun. Dengan adanya marketplace, semua orang sekarang bisa menjual produk apapun tanpa dipungut biaya.

Kedahsyatan marketplace sebagai platform jual beli online sampai membuat banyak penjual offline bertekut lutut dan mau tidak mau harus mulai menjual produknya secara online juga.

Namun semakin lama, prospek menjual barang secara online di marketplace itu akan semakin kecil. Kenapa anda kemungkinan akan kesulitan menjual produk secara online di marketplace?

Hal tersebut disebabkan karena semakin lama jumlah penjual di marketplace semakin banyak. Tidak ada batasan jumlah penjual yang boleh menjual produk di marketplace.

Karena jumlah penjualnya terus bertambah, secara otomatis kedepannya persaingan penjual di marketplace juga akan terus meningkat dan bahkan lebih ketat dibandingkan dengan penjual offline.

  • Anda hanya menumpang di tempat milik orang lain

Jika selama ini anda bisa meraup keuntungan jutaan atau bahkan puluhan juta Rupiah dari menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, Selamat untuk anda!

Namun jangan bangga dan lupa diri terlebih dahulu jika anda berhasil meraup keuntungan yang cukup besar dari menjual barang secara online di marketplace.

Kenapa? Karena anda perlu mengingat bahwa sebenarnya anda hanya menumpang saja di tempat orang lain untuk menjual barang secara online.

Hidup anda bergantung sepenuhnya pada toko online anda yang lokasinya masih menumpang di tempat orang lain. Jika suatu saat popularitas marketplace tempat anda menjual barang secara online dikalahkan oleh marketplace baru, secara otomatis andapun akan terkena imbasnya.

Selain itu, bagaimana jika suatu saat semua marketplace yang anda gunakan untuk menjual barang secara online itu tutup? Bagaimana nasib anda?

Karena anda bisa dikatakan menumpang menjual barang, secara otomatis posisi anda sebenarnya sangat tidak menguntungkan terutama untuk jangka panjang.

Hal tersebut disebabkan karena anda tidak memiliki kontrol sepenuhnya dengan platform yang anda gunakan untuk menjual barang secara online tersebut.

  • Sulit membangun loyalitas konsumen

Sudah pernahkah anda mempelajari mengenai faktor apa saja yang membuat konsumen mau membeli satu produk di marketplace?

Jika anda belum pernah mempelajari apa alasan konsumen mau membeli produk di marketplace, alasannya adalah karena harga.

Mayoritas orang yang sedang mencari produk tertentu di marketplace dan memilih untuk membeli di satu penjual bukan karena alasan sudah biasa membeli di toko tersebut.

Mayoritas alasan konsumen memilih membeli produk salah satu toko online di marketplace itu biasanya karena toko tersebut menjual dengan harga yang paling murah.

Hal tersebut memang sudah menjadi strategi umum dari mayoritas penjual di marketplace. Mereka beramai-ramai bersaing harga dengan penjual lain karena memang tingkat persaingan di marketplace itu sudah sangat ketat.

Karena mayoritas konsumennya hanya melihat dari segi harga, sudah jelas anda akan sangat sulit membangun loyalitas konsumen dengan membuka toko online di marketplace.

Jika anda tidak bisa membangun loyalitas konsumen, sudah jelas anda akan kesulitan meningkatkan repeat order dari orang-orang yang sudah pernah membeli produk anda sebelumnya.

Lalu apa yang harus anda lakukan jika tidak ingin mengalami kerugian akibat terlalu lama menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak?

Anda memang sangat disarankan untuk memulai menjual produk secara online di marketplace. Namun hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan selamanya.

Setelah anda berhasil menjual beberapa produk dan mendapatkan keuntungan, mulailah membangun website toko online anda sendiri. Selain itu, mulailah melakukan promosi dengan menggunakan akun media sosial khusus yang menggunakan nama dari toko online anda.

Dengan memiliki website toko online sendiri, anda bisa membangun loyalitas konsumen dan juga terhindar dari persaingan tidak sehat yang cepat atau lambat akan dialami oleh orang-orang yang terus menjual barang di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak dalam jangka waktu lama.

Comments are closed.