Ini Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Segmen Pasar B2B

Setiap perusahaan yang sedang mencari barang untuk kepentingan bisnis misalnya produksi, pembangunan, dan lainnya biasanya melalui bagian purchasing. Nantinya bagian purchasing akan mencari vendor yang sanggup menyediakan barang tersebut.

Nah, kebanyakan bagian purchasing mencari vendor melalui internet, karena itulah untuk perusahaan yang bergerak dibidang B2B (Business-to-Business) seharusnya menerapkan sistem pemasaran secara online atau digital marketing di dalam bisnisnya.

Apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan ?? berikut ini informasi strategi digital marketing untuk segmen pasar B2B yang harus kamu ketahui :

Website Efektif dan Komunikatif

Segmen pemasaran B2B ini sangat disarankan untuk setiap vendor memiliki website yang efektif dengan loading yang cepat, tampilan menarik dan juga komunikatif dilengkapi fitur chating serta tertera nomor telpon yang bisa dihubungi.

Bukan itu saja, website yang dibuat sebaiknya juga dilengkapi logo perusahaan dan company profile untuk memperkuat kredibilitas dan integritas bisnismu.

Konten Marketing

Setelah membuat website dan memasukan list produk yang kamu jual, tahap selanjutnya adalah membuat konten yang tidak hanya menarik tapi mampu memikat pengunjung bahkan bisa menghasilkan penjualan. Strategi marketing melalui konten seperti ini disebut konten marketing.

strategi digital marketing untuk pasar business to business 1024x682 » Ini Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Segmen Pasar B2B

Beberapa jenis konten marketing yang bisa kamu buat yaitu artikel review seputar produk dilengkapi keuntungan jika menggunakan produk tersebut, membuat artikel menarik yang berhubungan dengan produk, dan juga membuat video unik dan kreatif supaya produk bisnis kamu dikenal banyak perusahaan.

Search Engine Marketing

Sekarang ini, apapun jenis barang yang kamu cari termasuk barang industry tinggal menggunakan mesin pencari atau search engine. Ada 2 jenis mesin pencari yang paling terkenal yaitu google dan bing.

Fungsi dari search engine marketing ini adalah memposisikan suatu website agar berada di halaman pertama mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Misalkan, ketika ada pengguna internet mengetik kata kunci “jual mesin bubut” maka yang terlihat di halaman pertama mesin pencari adalah website milikmu.

Dalam melakukan search engine marketing ini ada banyak cara dan sangat variatif sehingga kamu mesti mempelajarinya. Jika kamu tidak mau repot, maka kamu bisa serahkan kepada penyedia jasa SEO (Search Engine Optimization). Kamu tinggal menyerahkan kata kunci yang dibidik, setelah itu tinggal tunggu report pengerjaannya saja.

Email Marketing

Dalam dunia business to business (B2B), email merupakan senjata yang paling ampuh sebagai sarana pemasaran dan menjalin hubungan. Namun, jangan asal mengirim email secara massal karena sangat berbahaya, bukannya dibaca oleh si penerima tapi malah masuk folder spam, pasti kamu tidak mau kan.

Cara yang paling efektif adalah dengan list building. Buat mereka mau memberikan data seperti email, nomor telepon, alamat dan bidang perusahaan secara sukarela. Caranya, kamu bisa berikan sesuatu yang berhubungan dengan industry yang kamu jalankan (ebook, software, merchandise,dll) secara gratis dengan syarat mereka harus mau memberikan data tersebut.

Setelah data itu kamu terima, maka bisa digunakan untuk promosi melalui email marketing. Jangan hanya promosi, tapi juga bangun hubungan dengan klien bisnismu supaya mereka merasa nyaman menjadi partner bisnismu.

Linkedin

Ada banyak sekali social media yang betebaran di internet, namun ada satu social media yang cukup efektif untuk para pelaku bisnis B2B yaitu Linkedin. Social media ini merupakan tempat para professional sharing ilmu, menawarkan produk bisnis hingga memberikan informasi lowongan kerja yang valid.

Kamu bisa membuat akun linkedin khusus untuk bisnismu dan jelaskan bidang bisnis yang kamu jalankan. Bergabunglah dengan seluruh jaringan linkedin, buat status yang menarik tapi tetap berhubungan dengan bisnis, mulailah berpromosi secara bertahap.

Segmen pasar B2B memang sangat potensial dan memberikan keuntungan yang cukup besar. Maka dari itu, dengan menerapkan strategi digital marketing untuk segmen pasar B2B maka bisnis yang kamu jalani bisa mendapatkan klien dengan cepat karena sistem pemasaran yang kamu jalankan sesuai dengan segmen pasar yang kamu bidik.

Comments are closed.