Inilah Jenis Tanaman Yang Cocok Ditekuni sebagai Bisnis

Tanah Indonesia yang subur serta sumber airnya yang berlimpah bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha budidaya tanaman. Apalagi jenis tanaman saat ini kian banyak jenisnya sehingga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin membuka usaha atau bisnis. Jenis tanaman yang cocok dijadikan usaha sangat berlimpah. Mulai dari tanaman pangan hingga tanaman hias. Masing-masing memiliki potensinya tersendiri. Sama dengan membuka usaha lainnya anda wajib melakukan riset pasar terlebih dulu.

Riset berguna untuk mengetahui kondisi permintaan pasar, lahan dan sumber air. hal ini sangat membantu anda dalam menentukan jenis tanaman yang cocok untuk usaha. Pasalnya jika kondisi tanah ternyata tidak cocok untuk ditanami tanaman tertentu, anda hanya akan mendapatkan kerugian saja. oleh karena itu kenali terlebih dulu jenis tanaman yang cocok dijadikan bisnis kemudian anda bisa menentukan jenis yang tepat sesuai kondisi di lingkungan berikut ini.

bisnis budidaya tanaman atau tumbuhan 1024x682 » Inilah Jenis Tanaman Yang Cocok Ditekuni sebagai Bisnis

Berbagai Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

  1. Tanaman Sayuran

Hampir semua orang memilih sayuran sebagai makanan sehari-harinya. Jenis tanaman sayuran merupakan tanaman pangan yang mudah ditanam di Indonesia. Jika anda memiliki lahan cukup luas dan sumber air yang cukup, bisnis tanaman ini sangat cocok untuk dicoba. Sebelumnya anda wajib melakukan riset pasar terlebih dulu jika ingin menentukan jenis sayuran yang laku di pasaran. Contoh sayuran yang saat ini banyak dicari adalah selada, brokoli, wortel, dll.

  1. Tanaman buah-buahan

Walaupun buah-buahan impor semakin gencar menggempur pasar lokal namun jenis tanaman ini tetap memiliki prospek yang menarik. Buah lokal masih memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat. Sama dengan jenis tanaman sayuran, anda wajib melakukan riset pasar dan kondisi lahan terlebih dulu. Selain itu perhatikan harga jual dari jenis buah yang anda tanam dan resikonya terhadap hama. Anda mesti memiliki modal serta ilmu yang cukup agar bisa membudidayakan tanaman buah.

  1. Tanaman souvernir

Tanaman souvernir merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap dijadikan koleksi dan pajangan. Banyak pula yang memanfaatkannya sebagai kenang-kenangan untuk berbagai acara. Tanaman souvernir biasanya memiliki ukuran kecil seperti kaktus contohnya. Ia bisa dihias dengan berbagai jenis vas dan hiasan lainnya. Walaupun bentuk tanaman ini kecil namun keuntungannya bisa berkali lipat. Apalagi dari segi perawatannya terbilang mudah.

  1. Tanaman hias

Berbeda dengan tanaman souvernir, tanaman hias jauh lebih kompleks jenisnya. Tanaman hias lebih mahal dan jenisnya bervariasi. Selain itu untuk membudidayakan tanaman hias anda wajib peka terhadap trend yang sedang berlangsung. Bisnis tanaman hias sama seperti bisnis pakaian atau aksesoris karena sama-sama berkembang dari trend yang ada. Misalnya tanaman Gelombang Cinta yang sempat trend beberapa saat lalu dan cepat berganti dengan jenis tanaman lainnnya.

Demikian berbagai jenis tanaman yang cocok dijadikan sebagai bisnis. Sesuaikan dengan hasil riset anda dan maksimalkan peluang yang ada agar usaha tanaman anda sukses.

Comments are closed.