Memahami Fungsi Widget WordPress

Melihat lebih dalam Widget Wordpress » Memahami Fungsi Widget WordpressPertama kali menginstall blog dengan platform WordPress, Anda akan mendapatkan beberapa widget default atau istilahnya bawaan tanpa perlu Anda install sendiri. Beberapa widget ini memiliki manfaat yang lumayan, yang cocok untuk membuat blog Anda semakin variatif dan bagus. Namun, sekarang ini masih sangat banyak pengguna WordPress yang tidak memanfaatkan widget ini, karena masih belum mengetahui apa fungsi sebenarnya dari widget default tersebut, mari baca selengkapnya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh widget default atau bawaan yang langsung ada begitu Anda menginstall blog WordPress, akan dijelaskan dengan cukup mendetail:

  1. Widget calendar

Seperti namanya, widget ini berfungsi untuk memunculkan calendar. Anda dapat memasangnya pada bagian sidebar dari template blog. Dengan menggunakan Widget ini, Anda akan dapat mengetahui seberapa banyak frekuensi postingan yang Anda sudah tuliskan pada blog Anda tersebut. Selain itu, widget calendar ini pun akan mempermudah visitor pada saat mereview atau ingin melihat langsung artikel postingan Anda, cukup dengan mengarahkan kursor mouse mereka pada widget calendar ini, berdasarkan bulan tentunya.

  1. Widget archive

Widget kedua yaitu widget archive, sebenarnya ini juga ada pada blog yang menggunakan platform Blogspot, dan memang archive ini sangat berguna sekali. Dengan widget ini, visitor akan lebih mudah dalam mengakses postingan, karena fungsi dari widget ini adalah untuk mengumpulkan semua postingan artikel yang akan dibagi berdasarkan hitungan waktu bulan. Selain itu, Anda juga dapat melihat berapa artikel yang sudah Anda posting selama bulan-bulan tertentu.

  1. Widget pages

Widget ketiga yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu widget pages. Widget default WP ini berguna dalam menampilkan halaman pages untuk sisi sidebar dari blog. And dapat mengatur pages yang ingin dimunculkan sesuka hati Anda.

  1. Widget meta

Widget bawaan WordPress selanjutnya yaitu widget meta. Mungkin Anda bingung jika melihat dari namanya, berfungsi untuk apakah widget ini. Ternyata, widget ini berfungsi dalam memunculkan link ke halaman login WordPress, comment, entries RSS, wordpress.org, dan juga comment RSS. Mungkin widget keempat ini tidak terlalu penting dan lebih baik Anda hilangkan.

  1. Widget categories

Oke selanjutnya, yang akan kita bahas yaitu widget categories. Widget default WP ini cukup berguna dan banyak dimanfaatkan oleh orang yang menggunakan blog berbasis WordPress. Kegunaannya adalah untuk menampilkan link ke halaman categories pada sidebar atau footer. Untuk susunannya pun sudah otomatis akan rapih, karena akan diurutkan berdasarkan susunan dari abjad judul kategori yang sudah Anda buat.

  1. Widget RSS Feed

Setelah widget categories, ada juga widget yang bernama widget RSS Feed. Kegunaan dari widget ini yaitu untuk menampilkan berita paling baru atau postingan terbaru dari url yang di feed tersebut. Anda juga dapat memasang RSS feed blog Anda sendiri.

Jika widget bawaan dari WordPress ini masih kurang, Anda masih dapat menginstall sendiri. Di wordpress.org merupakan situs resmi untuk mencari plug-in widget tambahan. Ada banyak sekali plug-in dengan berbagai fungsi. Bahkan, jika Anda mempunyai kemampuan, Anda dapat menciptakan plug-in sendiri untuk dibagikan kepada orang lain. Bahkan jika memang plug-in Anda bagus, Anda dapat menawarkan upgrade dengan memasang biaya untuk menggunakannya.

Sekian informasi tentang memahami fungsi widget wordpress, semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi terus dan baca updatean info terbaru seputar WordPress di blog ini, Terima kasih.