Meningkatkan Pageview

pageviews vs visitor 150x137 » Meningkatkan PageviewMeningkatkan Pageview – Pengunjung dalam suatu blog pada umumnya akan membaca semua artikel yang telah anda posting. Dengan demikian maka setiap halaman artikel/posting yang telah dibuat menjadi berarti dan terhargai. Apakah yang dimaksud dengan pageview itu sendiri. Pageview, merupakan jumlah halaman yang dibaca/dilihat oleh pengunjung/visitor. Perpaduan keduanya disebut dengan traffic, yaitu merupakan sebuah perpaduan arus dan jumlah pengunjung serta halaman yang ditampilkan. Ada perbedaan antara visitor dan pageview. Jumlah visitor yang banyak tidak menjamin jumlah pageview akan lebih banyak. Sebaliknya, jumlah visitor yang lebih sedikit pun belum tentu pageview-nya lebih sedikit dari yang dibandingkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa tips meningkatkan pageview:

  1. Untuk mendatangkan traffik  baik visitor maupun pageview, kuncinya  adalah SEO yang baik. Dengan melakukan optimalisasi/peningkatan SEO dan SERP blog secara rutin dan berkala
  2. Buatlah artikel-artikel yang original, unik dan berkualitas. Artikel semacam ini membuat pengunjung merasa apa yang dibacanya tidak bisa didapat di tempat lain. Walau ada banyak blog/website membahas hal yang sama, namun tetaplah ada perbedaan dengan isi blog yang kopas.
  3. Tawarkan sesuatu di dalam artikel-artikel anda meski hanya cara paling sederhana sekalipun.
  4. Buatlah navigasi blog yang bagus dan mudah dilihat/ditemukan oleh pengunjung. Gunakan widget-widget penunjang navigasi seperti recent post, popular post, kategori/label, arsip (disarankan untuk mengggunakan widget bawaan Blogger karena lebih enteng dimuat dan sudah kaya akan fitur seperti: snippet dan thumbnail).
  5. Internal linking di dalam posting, selain bermanfaat untuk SEO, berguna pula bagi pengunjung, yaitu sebagai rujukan ke posting lain yang memiliki informasi tertentu dan lebih detil. Tanamkan link-link posting lain pada keyword atau phrase yang berkaitan.
  6. Ada yang bilang artikel yang terlalu panjang itu kurang bagus. Namun menurut saya itu tergantung bagaimana kualitas dan pengolahan kalimat yang digunakan. Jadi, jika anda mempunyai artikel blog yang panjang, pastikan semua kata memang harus ada dan penting untuk dibaca.
  7. Usahakan untuk meng-update dan tambah artikel secara berkala semampu anda. Sebuah blog yang memiliki jumlah artikel yang banyak, variatif, dan kaya akan isi akan menambah kemungkinan visitor untuk melihat lebih dari satu artikel setiap berkunjung. Namun, perhatikan kualitas artikel. Jangan sampai isinya tidak memiliki nilai/value bagi pengunjung.
  8. Usahakan load time blog anda jangan terlalu lama, karena jika terlalu lama maka pengunjung akan lari atau sesegera mungkin menyelesaikan membaca satu posting saja
  9. Design/tampilan berpengaruh terhadap kenyamanan membaca. Fokuskan desain website pada penataan navigasi dan tema yang membuat pengunjung betah.