Tips Memilih Peralatan Dapur

16 rect540 300x200 » Tips Memilih Peralatan DapurDalam mengolah masakan, tentu Anda tidak ingin direpotkan dengan peralatan dapur. Peralatan dapur memiliki peran yang penting dalam proses memasak. Sebab, dapat mempengaruhi kualitas masakan yang dihasilkan.

Sekarang ini, banyak produk peralatan dapur yang telah beredar dan memiliki kelebihan masing-masing, mulai dari bahan pembuatan berkualitas, praktis dalam penggunaan dan harga yang terjangkau untuk semua kalangan ibu rumah tangga. Dalam memilihnya pun, Anda harus berhati-hati karena mungkin saja alat yang Anda pilih mengganggu kegiatan di dapur atau mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, diperlukan ketelitian dalam memilih peralatan dapur yang tepat, baik tepat jenis maupun tepat guna. Berikut tips memilih peralatan dapur yang bisa Anda terapkan.

1. Ketahui bahan peralatan dapur
Peralatan berbahan dasar baik tidak harus yang berkualitas import atau merk terkenal, melainkan alat yang dapat memudahkan Anda ketika digunakan dan tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Beberapa bahan yang sering terdapat dalam peralatan dapur adalah:

a. Bahan anti lengket (stainless steel)
Hampir semua alat-alat dapur menggunakan bahan anti lengket atau stainless steel. Anda tidak perlu lagi susah payah dalam
membersihkannya. Kelebihan lainnya adalah dapat mengurangi pemakaian minyak pada saat menggoreng. Artinya, lebih sedikit kolesterol yang dihasilkan. Bahayanya, lapisan yang terkelupas akan menjadi racun jika bercampur dengan masakan dan masuk ke dalam tubuh. Solusinya adalah berhati-hati dalam menggunakannya.

b. Plastik
Peralatan dapur berbahan plastik mudah digunakan karena ringan dan mudah dibersihkan. Dalam memilih alat berbahan plastik, pastikan terdapat label aman untuk kesehatan.

c. Kayu
Peralatan dapur jenis ini juga tergolong ringan dan mudah dibersihkan. Namun, bahan ini mudah terkena jamur apabila tidak memperhatikan kebersihan dalam penyimpanannya. Pastikan bahan ini tidak ditempatkan di tempat yang lembab.

2. Sesuaikan dengan jenis masakan
Pemilihan peralatan dapur yang sesuai dengan jenis masakan akan mempermudah dalam pengolahannya. Misalnya, Anda sedang menggoreng dan menggunakan spatula berbentuk kecil. Sebaiknya menggunakan spatula yang permukaannya lebar.

3. Jangan mudah tergoda dengan discount
Tidak asing lagi, kualitas peralatan dapur dipengaruhi oleh harga dari barang tersebut. Semakin tinggi harga, maka semakin baik kualitas yang ditawarkan. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga mencari peralatan dapur yang berkualitas baik namun memiliki harga yang rendah. Boleh mencari yang murah, namun tidak murahan. Barang yang murahan memiliki kualitas yang rendah. Tidak menutup kemungkinan barang yang murahan akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak karena untuk mengganti peralatan terus-menerus. Ingat, Anda sedang memilih peralatan dapur yang tidak hanya digunakan sendiri melainkan oleh seluruh anggota keluarga. Pilihlah barang yang berkualitas baik, meskipun sedikit lebih mahal, asalkan kesehatan Anda dan keluarga terjamin.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk Anda.