Tips Sukses Cara Buka Bisnis Warung Makan

Cara sukses buka warung makan. Bisnis warung makan memang adalah bisnis yang menggiurkan, karena dibutuhkan semua orang, setiap orang dan setiap hari pasti butuh minum dan makan. Ini adalah kebutuhan pokok yang tak dapat ditunda, dan tidak tergantung pada tren, berbeda dengan Anda membuka bisnis online shop pakaian. Di mana model pakaian cepat berganti dan yang model lama tidak laku lagi.

Bisnis menggiurkan

Tak aneh lagi apabila beberapa tahun belakangan ini semakin banyak orang yang terjun dalam bisnis makanan. Warung makan semakin bertebaran di mana-mana, ada yang berupa pedagang makanan tradisional hingga pedagang sekelas restoran. Ini tergantung dari modal yang dimiliki dan juga pengalaman. Jika masih baru sebaiknya mulai dari warung yang sederhana dulu saja baru pelan-pelan beranjak ke level yang lebih tinggi, atau boleh juga dengan membuka cabang.

Pendapatan

cara buka warung makan » Tips Sukses Cara Buka Bisnis Warung Makan

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di wilayah-wilayah di Indonesia, ternyata pendapatan pebisnis makanan dan minuman itu cukup tinggi. Yang pasti di atas UMK. Jadi dibandingkan Anda jadi seorang pengangguran, atau mungkin Anda seorang pensiunan yang sudah tidak bekerja lagi, sebaiknya Anda mencoba masuk dalam ranah bisnis warung makanan ini. Sebab dengan modal kecil sekalipun Anda juga sudah bisa menjalankannya.

Kelompok-kelompok:

  1. Usaha makanan alternatif makanan pokok:

Bubur, bakso, mie ayam, sate, batagor, dan sejenisnya

  1. Usaha makanan pokok untuk sehari-hari:

Warung Tegal, nasi goreng, warung nasi sederhana, rumah makan Padang, warung pecel, dan sejenisnya

  1. Usaha makanan jajanan atau makanan ringan:

Aneka kue, roti bakar, gorengan, pisang bakar, martabak, siomay, cilok, cireng, dan sejenisnya

  1. Usaha berbagai macam minuman:

Es campur, es buah, es kelapa muda, jus, es dawet, es teh, es cendol, warung kopi, dan sejenisnya

Citarasa masakan

Yang benar-benar penting dan harus Anda kuasai sebelum membuka warung makan adalah citarasa masakan yang Anda jual. Karena jika rasanya tidak enak, maka orang-orang akan enggan membeli di warung makan Anda walaupun harganya murah. Jangan Anda yang menilai apakah masakan Anda itu enak atau tidak, tetapi orang lain yang menilai. Oleh karena itu Anda sebaiknya menanyakan dan melakukan survei mengenai citarasa bagaimana yang sebenarnya diinginkan oleh para konsumen.

Daya beli

Sebelum menjalankan usaha warung makan Anda juga harus melakukan langkah penting kedua ini, yang tidak lain adalah melakukan observasi. Ini termasuk saat Anda hendak menentukan harga jual dari makanan dan minuman di warung makan. Pastikan Anda sudah jeli melihat bagaimana daya beli dari target market Anda. Di mana ini juga tergantung dari lokasi warung Anda. Jangan sampai melewatkan yang satu ini.

Lifestyle terbaru

Sekarang ini makan tidak hanya menjadi kebutuhan perut saja, melainkan sudah lebih dari itu. Makan sudah mulai masuk ke lifestyle. Jika Anda dapat menampilkan semua masakan Anda dengan citra gaya hidup terbaru, dan dengan rasa yang lezat, niscaya warung makan Anda akan semakin berkembang seiring waktu. Karena pelanggan akan senang menyantap makanan di warung Anda. Menyesuaikan menu dengan lifestyle terbaru merupakan salah satu cara singkat untuk mempopulerkan bisnis warung makan Anda.

Pemasok bahan baku

Anda juga harus memperhatikan siapa pemasok bahan baku untuk warung Anda. Sebab Anda tidak mungkin hanya mempersiapkan bahan baku untuk hari-hari tertentu saja, harus ada pemasok tetap, agar kualitas bahan baku selalu terjaga dan bahan baku selalu tersedia kapanpun dibutuhkan. Ini semua berkaitan dengan kelancaran proses produksi.

Itulah beberapa point penting yang jangan Anda lupakan. Sisanya hanyalah modal, pemilihan lokasi, dan niat. Sekian artikel tentang bagaimana cara buka warung makan, semoga bermanfaat.

Comments are closed.