Kenali Lebih Jauh apa itu Page Rank

page rank » Kenali Lebih Jauh apa itu Page RankSecara singkat, PageRank adalah sebuah cara yang sistematik yang berfungsi sebagai dasar penentuan situs atau website mana yang lebih penting/populer di mata mesin pencarian google. PageRank diciptakan dan dipatenkan oleh duo pendiri raja search engine Google yaitu Larry Page dan Sergey Brin serta menjadi salah satu feature utama dari raksasa mesin pencari ini. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dinilai dengan skala 1-10.

Ada banyak mekanisme yang digunakan search engine seperti google dalam menakar kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak metode lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan, seperti teknologi Link popularity dimunculkan untuk menyempurnakan kelemahan dari inovasi yang sudah ada sebelumnya seperti Meta Keywords maupun Meta Description yang ternyata faktanya dapat diakali dengan laman yang khusus dibuat untuk menipu search engine atau biasa dikenal sebagai laman doorway. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap laman website.

Sebuah laman situs juga akan menjadi semakin signifikan jika laman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi memberikan tautan ke laman website tersebut. Dengan mekanisme penilaian yang dipakai oleh PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang mempunyai tautan ke laman website itu. Cara kerja ini merupakan sebuah prosedur yang akan diulang untuk laman yang lain atau biasa disebut rekursif.

Bagaimana dengan Blog anda? Sudah maksimalkah nilai page rank-nya?